3 Jenis Website Populer Yang Harus Anda Ketahui

3-jenis-website-yang-harus-anda-ketahui

Di era saat ini memiliki sebuah website merupakan sebuah KEHARUSAN bagi bisnis Anda, seperti yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya “7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Punya Website”.

Lalu sekarang pertanyaannya website seperti apa yang harus Anda miliki atau harus Anda buat.

Memang saat ini ada banyak sekali jenis website di luar sana, baik itu website Company Profile, Toko Online, Blog, Personal Website, Portfolio Website, Review Website, Landing Page, Web Portal, Forum, dll.

Tetapi menurut saya, Anda hanya perlu mengetahui 3 jenis website ini, karena 3 jenis website inilah yang paling populer dan banyak digunakan orang, serta paling bisa SEGERA DIBUAT untuk membantu meningkatkan bisnis Anda.

Website Company Profile

Mungkin selama ini Anda sudah sering mencetak Company Profile atau Profil Perusahaan dalam sebuah pamflet atau laporan, nah saran saya sebaiknya Anda juga segera membuatnya dalam bentuk website.

Sama halnya dengan Company Profile pada umumnya, website Company Profile adalah website yang berisi informasi tentang sebuah perusahaan.

Jadi fungsi utama dari website Company Profile ini adalah untuk mengenalkan atau memberikan informasi mengenai perusahaan Anda secara lengkap kepada pihak lain yang membutuhkan.

Informasi seperti sejarah berdirinya perusahaan, struktur organisasi perusahaan, sumber daya perusahaan, kinerja atau portofolio perusahaan, produk atau jasa perusahaan, dan juga alamat serta kontak perusahaan bisa Anda sajikan di dalam website.

Website Company Profile juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan branding dan kredibilitas dari perusahaan Anda.

Siapa saja yang harus punya website Company Profile? Siapapun, semua perusahaan di bidang apapun, mau itu bergerak di bidang trading, distribusi, jasa, franchise, pabrik, dll HARUS memiliki website Company Profile.

Karena melalui website Company Profile inilah prospek, calon pelanggan / klien, hingga calon rekan bisnis bisa menemukan Anda. Saya punya sebuah kisah yang menarik…

Jadi, sekitar tahun 2012 yang lalu saya dipercaya oleh sebuah perusahaan yang bergerak di industri manufaktur untuk membuat website Company Profile mereka.

Singkat cerita saya berhasil menyelesaikannya website Company Profile perusahaan tersebut, dan apa yang selanjutnya terjadi?

Perusahaan tersebut menerima BANYAK Email Inquiry yang masuk dari website tersebut! Jadi banyak prospek atau calon pelanggan baru yang menghubungi setelah melihat website company profile mereka.

Website Personal Branding / Blog

Apakah Anda seorang motivator, trainer, penulis buku, pembicara, agen asuransi, konsultan, freelancer, reviewer, atau jasa perorangan, saya sangat menyarankan Anda untuk mulai membangun sebuah Blog.

Blog adalah sebuah website yang berisi catatan, artikel, atau informasi bermanfaat lainnya yang rutin diperbarui.

Anda bisa membagikan pengetahuan, pengalaman, dan pendapat Anda di dalam sebuah Blog. Tujuannya tentu untuk meningkatkan personal branding dari diri Anda.

Contohnya ya Blog pribadi saya ini, di mana melalui HansRichardo.com ini saya ingin membagikan pengetahuan dan pengalaman saya seputar Website dan Digital Marketing.

Blog juga adalah salah satu sarana Anda untuk mendatangkan prospek atau calon pelanggan dari bisnis Anda. Melalui Blog Anda bisa menyampaikan berbagai informasi yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Misalnya Anda seorang agen asuransi atau konsultan keuangan pribadi, maka Anda bisa mulai membangun sebuah Blog yang membahas tentang tips menggunakan gaji secara bijak, tips dalam berinvestasi, tips bagaimana memilih asuransi yang tepat, dan hal-hal seputar pengelolaan keuangan lainnya.

Saya yakin pasti Anda akan memperoleh banyak calon klien atau nasabah dari pembaca Blog Anda, kenapa demikian?

Karena pada dasarnya orang akan membeli dari orang yang dia “tau, suka, dan percaya” atau istilah kerennya “People buy from people that they know, they like, and they trust”.

Nah, apabila Anda rutin memberikan artikel atau informasi yang bermanfaat bagi para pengunjung blog Anda, maka lama kelamaan mereka pasti jadi tau Anda, kemudian mereka menyukai artikel Anda, dan pada akhirnya mereka akan percaya dengan Anda bukan?

Website Toko Online

Kalau yang ini rasanya saya tidak perlu jelaskan lagi ya, karena Anda pasti sudah tau apa itu website Toko Online kan?? Hehehe…

Namun yang perlu saya jelaskan adalah Anda tidak harus membuat website Toko Online yang canggih di mana semuanya serba otomatis seperti e-Commerce, biarkanlah itu menjadi kerjaannya Tokopedia, Shopee, dkk.

Website Toko Online yang saya maksud di sini adalah website sederhana di mana Anda bisa menampilkan produk yang Anda jual di dalam website.

Anda cukup buat sebuah website sederhana yang berisi gambar/foto produk yang Anda jual, penjelasan produk, manfaat produk, cara pakai produk, testimoni dari yang sudah pakai produk, dan kalau mau pesan bagaimana cara menghubungi Anda, apakah melalui WhatsApp atau Form Order.

Dari pengalaman saya berbisnis Toko Online sejak tahun 2013, dengan website yang simple dan sederhana pun Anda sudah bisa berjualan, bahkan tingkat penjualannya pun bisa lebih efektif ketimbang Anda membuat website e-Commerce.

Kok bisa? Ya, karena memang market di Indonesia saat ini masih banyak yang lebih nyaman untuk tanya-tanya dulu sebelum memutuskan untuk beli.

Jadi mereka lebih nyaman kalau bisa chat atau ngobrol dulu dengan penjual terlebih dahulu, jadi tugas website Toko Online ini adalah untuk mendatangkan calon pelanggan yang menghubungi Anda, setelah itu Anda bisa follow up mereka melalui WhatsApp atau Email.

Ya walaupun tidak menutup kemungkinan, saya juga seringkali mendapatkan banyak pelanggan yang langsung melakukan transaksi tanpa harus ngobrol panjang lebar di dalam WhatsApp.

Yok, bantu saya untuk lebih semangat menulis artikel bermanfaat dengan membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda...


Tags


Artikel Menarik Lainnya Untuk Anda