7 Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Punya Website

7-alasan-mengapa-bisnis-anda-harus-punya-website

Tahukah Anda bahwa 97% konsumen menggunakan Media Online untuk mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan? Bahkan menurut data yang pernah saya baca, ada sekitar 3.5 MILIAR pencarian di Google PER HARI, angka yang luar biasa sangat besar bukan?!

Dari data itu saja Anda sudah semestinya menyadari betapa pentingnya Anda punya sebuah website, itulah mengapa saya selalu mengingat pesan dari Om saya, beliau adalah pendiri dari Microsoft dan juga salah satu orang terkaya di dunia, siapa lagi kalau bukan Om Bill Gates (Hehehe…)

Berikut adalah pesan dari Bill Gates yang sangat terkenal

If your business is not on the Internet, then your business will be out of business.

Yang berarti “Apabila bisnis Anda TIDAK ADA DI INTERNET, maka bisnis Anda akan GULUNG TIKAR!

Ya, jelas! Saya pun setuju SEJUTA PERSEN! Bisnis yang tidak mau masuk ke dalam internet, sudah pasti cepat atau lambat akan gulung tikar. Kenapa demikian?

Karena saat ini internet sudah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita, apalagi generasi ke depan (generasi millenial dst) sudah terbiasa mencari apapun di internet, termasuk mencari produk-produk yang mereka perlukan.

Maka apabila bisnis Anda tidak ada di internet, maka Anda sudah melewatkan potensi market yang sangat besar, market yang Anda miliki saat ini pun akan habis karena mereka pindah ke internet.

So, apabila Anda mau bisnis Anda tetap eksis, maka mau ga mau bisnis Anda HARUS ADA DI INTERNET, dan untuk ada di internet salah satu media yang PALING PENTING yang harus bisnis Anda miliki adalah website.

Dan berikut 7 alasan mengapa bisnis Anda harus punya website:

Anda Punya Kontrol Penuh

“Saya sudah buat akun Media Sosial (Facebook, Instagram, dll) untuk bisnis saya, berarti bisnis saya sudah ada di internet donk…”
“Toko saya sudah buka di Marketplace (Tokopedia, Shopee, dll), berarti bisnis saya sudah aman…”

Banyak orang merasa untuk apa susah-susah bikin website, karena sudah bikin akun bisnis di Media Sosial atau buka toko di Marketplace.

Tapi mereka lupa bahwa sebenarnya mereka TIDAK PUNYA KONTROL di sana.

Karena Anda menggunakan layanan orang lain maka Anda pun harus tunduk dengan seluruh kebijakan yang mereka buat, walaupun terkadang kebijakan tersebut tidak sesuai atau bisa mengganggu bisnis Anda.

Misalnya baru-baru ini Facebook mengeluarkan kebijakan untuk melarang jual beli binatang di platform mereka, bagaimana kalau misalnya Anda memiliki bisnis kucing ras yang menggantungkan penjualan anak kucing di Facebook dan tiba-tiba sudah tidak bisa lagi berjualan di sana?

Begitu pula di Marketplace, ada banyak peraturan yang harus ditaati di sana, misalnya saja sampai tulisan ini saya buat, Tokopedia masih belum menerima penjualan produk digital seperti Ebook atau Video Training.

Dan hal yang menurut saya paling tidak enak berjualan di Marketplace adalah dana pembayaran dari pelanggan tidak langsung masuk ke rekening Anda tapi harus ditahan dulu oleh pihak Marketplace sampai transaksi selesai.

Itupun kalau transaksi tidak bermasalah, pernah ada teman saya mengalami dana yang ditahan cukup lama di salah satu Marketplace karena ada transaksi yang dianggap mencurigakan.

Belum lagi, bagaimana kalau tiba-tiba akun Media Sosial Anda dihack? Atau toko Anda di Marketplace ditutup secara sepihak?

Anda mungkin masih ingat dengan Friendster, Path, atau BlackBerry Messenger? Atau dengan Multiply dan Rakuten? Yup betul, mereka adalah Media Sosial dan Marketplace yang berakhir dengan menutup layanannya, kita tidak tau siapa yang akan menyusul selanjutnya.

Bisa dibayangkan saat Anda lagi rame-ramenya jualan di sebuah Marketplace kemudian tiba-tiba Marketplace tersebut harus menutup layanannya, tidak mungkin kan Anda menuntut “Hei marketplace jangan tutup dulu, saya masih mau jualan…” Hehehe…

Hal seperti ini tidak akan terjadi apabila bisnis Anda punya website sendiri, Anda bebas mengatur website Anda sendiri, tidak mungkin kan saat website Anda menghasilkan penjualan yang bagus terus Anda menutup website tersebut.

Tapi bagaimana kalau website saya kena Hack?” Tenang, Anda bisa perbaiki itu, website Anda bisa dikembalikan seperti semula kok.

Terus bagaimana kalau hosting yang saya gunakan tutup?” Ya tinggal pindah saja ke hosting lain, Anda tinggal pindahkan saja website Anda ke hosting yang baru.

Pokoknya Anda punya KONTROL PENUH pada website Anda.

Sarana Promosi Paling Efektif

Saat ini sudah bukan jamannya lagi Anda mencetak brosur atau katalog!

Anda tau apa yang saya lakukan ketika disodorkan brosur? Biasanya saya akan langsung tolak, kalaupun dipaksa saya hanya melihat sekilas dan akan langsung membuang brosur tersebut.

Sungguh sayang bukan biaya yang sudah Anda keluarkan untuk mendesain dan mencetak brosur tersebut? Saya yakin banyak orang di luar sana melakukan hal yang sama!

Brosur, katalog, spanduk, koran, dan media cetak lainnya memiliki keterbatasan sehingga seringkali Anda tidak bisa menjelaskan bisnis atau produk Anda secara detail di sana.

Di website Anda bisa memberikan INFORMASI SEBANYAK-BANYAKNYA, SEMENARIK-MENARIKNYA, dan SELENGKAP-LENGKAPNYA yang berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Anda tidak hanya bisa mencantumkan TEKS dan GAMBAR untuk mempromosikan produk Anda, tapi Anda juga bisa menampilkan AUDIO dan VIDEO di dalam website Anda.

Tidak hanya itu, Anda bahkan bisa melengkapi website dengan Form Email, fitur Chat, atau menghubungkannya dengan WhatsApp sehingga pengunjung yang tertarik dengan produk Anda bisa langsung menghubungi Anda.

Itulah mengapa website menjadi sarana paling efektif untuk mengenalkan bisnis Anda kepada banyak orang.

Bisa Mendatangkan Prospek atau Pelanggan Baru Selama 24/7

Apakah Anda mau punya Staff Marketing yang rajin bekerja mempromosikan produk Anda secara terus menerus? Ya itulah tugas website Anda!

Website Anda ibarat seorang Staff Marketing yang terus online selama 24 jam sehari 7 hari seminggu, dan selalu siap mempromosikan produk Anda.

(Itulah pentingnya Anda menggunakan hosting yang kredible untuk memastikan website Anda minim downtime.)

Bahkan ketika Anda sedang tertidur di tengah malam, orang-orang masih bisa melihat dan membaca informasi produk yang Anda tawarkan, mereka juga bisa langsung mengirim pesan atau bahkan langsung beli produk melalui website Anda.

Semua Orang Mencari Informasi Di Internet

Kapan terakhir kali Anda pergi ke perpustakaan? Atau kapan terakhir kali Anda mencari alamat restoran atau bengkel terdekat di Yellow Pages?

(Buat yang ga tau, Yellow Pages adalah sebuah buku cetak sangat tebal berwarna kuning yang berisi informasi toko, residensial, kantor perusahaan, sampai kantor pemerintah yang banyak digunakan sebelum era internet, kira-kira tahun 90an ke belakang lah…)

Saya yakin saat ini Anda mencari informasi apapun di internet, betul apa betul? Buktinya saat ini Anda sedang membaca artikel ini, pasti karena Anda menemukannya ketika sedang mencari informasi di internet.

Bahkan menurut data yang pernah saya baca 97% konsumen menggunakan Media Online untuk mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Misalnya Anda perlu jasa konsultan pajak, jasa desain interior, tempat kursus untuk anak Anda, atau mungkin Anda butuh sebuah barang tapi bingung beli di mana, saya yakin Anda pasti akan langsung cari di internet bukan?

Sekarang bayangkan misalnya Anda seorang pemilik bisnis pemasangan filter air bersih, dan Anda sudah memiliki sebuah website yang menjelaskan dengan sangat detail tentang filter air bersih yang Anda tawarkan.

Suatu ketika ada orang yang sedang mencari informasi tentang pemasangan filter air bersih dan menemukan apa yang dia butuhkan di website Anda, kira-kira orang ini bakal menghubungi Anda atau tidak?

Ya PASTI donk ya… Bagaimana kalau ternyata ada 100 orang yang seperti itu, 200 orang, 1000 orang? Silahkan lanjutkan sendiri, hehehe…

Mudah, Murah, dan Hemat Waktu

Membuat website tidaklah serumit yang Anda bayangkan, Anda tidak harus lulusan jurusan Teknologi Informasi untuk bisa menguasai skill membuat website, asalkan Anda mau belajar saya yakin Anda pun pasti bisa.

Salah satu peserta program pembelajaran yang pernah saya adakan bahkan berusia lebih dari 70 tahun, beliau adalah seorang pensiunan karyawan, beliau yang juga mengaku dirinya “gaptek” pada akhirnya juga berhasil membuat website sendiri.

Saat ini membuat website tidak lagi harus menguasai skill Programming karena sudah banyak Software atau Content Management System yang akan sangat memudahkan Anda untuk membuat dan mengelola sebuah website.

Bahkan saat ini sudah banyak sekali perusahaan atau perorangan yang menawarkan jasa pembuatan website dengan harga yang sangat terjangkau.

Dengan memiliki website Anda bisa menghemat banyak waktu dan biaya, karena Anda tidak perlu menjelaskan berulang-ulang tentang bisnis Anda kepada setiap orang, Anda tidak perlu mengirim email berkali-kali, Anda juga tidak perlu lagi mengirim gambar atau video melalui WhatsApp terus menerus.

Cukup cantumkan saja link atau alamat website Anda kepada orang-orang yang memerlukan informasi tentang produk atau bisnis yang Anda tawarkan.

Karena setiap informasi atau pertanyaan yang seringkali ditanyakan seputar produk atau bisnis Anda bisa disajikan secara lengkap dan detail di dalam website.

Website akan sangat membantu Anda dalam mengedukasi pelanggan dan menjawab pertanyaan yang sering muncul di benak calon pelanggan Anda (Frequently Ask Question).

Meningkatkan Branding dan Kredibilitas Perusahaan

Website juga bisa menjadi platform Anda untuk melakukan branding, mencitrakan atau memposisikan bisnis Anda sehingga Anda dapat memperoleh pelanggan yang sesuai dengan bisnis Anda.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh LSA’s (Local Search Association) pada tahun 2017 tentang “The Digital Consumer: Exploring Digital Media Usage in U.S. Cities” diketahui bahwa 63% konsumen menggunakan website untuk MENEMUKAN atau berhubungan dengan sebuah bisnis.

Di mana konsumen menggunakan minimal tiga sumber sebelum akhirnya mengambil keputusan untuk membeli, dan 30% konsumen tidak tertarik dengan BISNIS TANPA SEBUAH WEBSITE.

Jadi, untuk Anda yang hanya mengandalkan Media Sosial berarti Anda sudah kehilangan sekitar 30% orang yang mungkin tertarik untuk membeli produk Anda.

Dari penelitian yang sama, 46% orang mengatakan bahwa website menjadi penentu terbesar untuk MEMPERCAYAI sebuah perusahaan.

Data ini bisa menjadi gambaran bahwa ternyata sebuah WEBSITE memiliki peranan yang SANGAT PENTING di mata konsumen.

Mengumpulkan Data Informasi Prospek dan Pelanggan

Di dalam sebuah website Anda bisa mengumpulkan DATA INFORMASI prospek dan pelanggan yang tentu sangat berharga untuk bisnis Anda.

Data informasi seperti Nama, Alamat Email, Nomor Handphone atau Nomor WhatsApp bisa Anda peroleh dari website, tentunya Anda harus membangun website yang kredible ya supaya prospek dan pelanggan Anda mau memberikan datanya.

Hal yang sulit untuk Anda dapatkan apabila hanya menggunakan Media Sosial. Bahkan Marketplace pun setau saya tidak pernah memberikan akses bagi Anda untuk menyimpan data pelanggan yang Anda peroleh di sana.

Memang sih Anda bisa mencatat data pelanggan secara manual melalui resi pengiriman yang Anda cetak, tapi saat ini beberapa Marketplace pun sudah mulai men-sensor Nomor Handphone pelanggan di dalam resi pengiriman yang Anda cetak.

Dan ini yang PALING MENARIK…

Pernahkah Anda ketika sedang berencana pergi liburan, kemudian ketika Anda browsing atau membuka Media Sosial maka Anda akan banyak menjumpai iklan tiket pesawat dan hotel?

Atau ketika Anda habis membuka Tokopedia, kemudian Anda akan melihat iklan Tokopedia saat Anda melihat-lihat Facebook?

Tahukah Anda bahwa setiap aktivitas Anda di seluruh platform yang dimiliki oleh Facebook (Facebook, Instagram, WhatsApp) dan juga platform Google (Youtube, Google Chrome, Android) sesungguhnya tercatat sebagai data di sistem mereka?

Berdasarkan data itulah algoritma Youtube bekerja untuk menampilkan video-video yang paling relevan sehingga akan Anda tonton dan sukai. Begitu pula algoritma Facebook dan Instagram akan menampilkan postingan-postingan yang paling relevan dan menarik untuk Anda.

Dan pada akhirnya mereka juga memanfaatkan data tersebut untuk MENAYANGKAN IKLAN yang paling sesuai untuk Anda.

Nah, Anda pun bisa memanfaatkan data-data tersebut, Facebook dan Google memberikan akses bagi Anda untuk bisa menayangkan iklan pada orang-orang yang SUDAH PERNAH mengunjungi website Anda.

Karena orang-orang yang pernah mengunjungi website Anda tentu adalah orang-orang yang SUDAH TERTARIK dengan bisnis Anda bukan? Jadi kemungkinan mereka menjadi pelanggan tentu sangatlah besar.

Selain itu Anda juga bisa meminta Facebook dan Google untuk menayangkan iklan kepada orang-orang yang memiliki KEMIRIPAN KARAKTERISTIK dengan orang-orang yang mengunjungi website Anda.

Hal ini akan membuat iklan Anda menjadi LEBIH TERTARGET DAN EFEKTIF.

Menarik bukan? Sesuatu yang tidak mungkin Anda lakukan tanpa memiliki website.

Yok, bantu saya untuk lebih semangat menulis artikel bermanfaat dengan membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda...


Tags


Artikel Menarik Lainnya Untuk Anda